Tuesday, December 12, 2006

WAKTU YANG BERHARGA

ketika kita bertemu sebuah waktu yang selalu kita ingat dalam rasa bahagia atau bangga, mungkin itu adalah waktu kita yang berharga, seberapapun kecilnya atau tidak berartinya waktu itu bagi orang lain. Kalo wisuda sarjana, misalnya, sudah tentu sebuah moment “besar” yang sangat mungkin menjadi berharga.

Tapi kita juga mungkin memiliki waktu-waktu lain yang jauh lebih berharga. Bahkan mungkin ketika terjadi saya tidak tahu bahwa waktu itu akan sangat berharga. Ketika pada tahun 1999 saya mengikuti sebuah training pendampingan, itu adalah salah satu waktu berharga yang saya miliki. Paling tidak saat itu saya dikenalkan dengan kerja sama dengan orang lain, sesuatu yang jarang benar saya lakukan sebelumnya.

Waktu itu saya juga mendapatkan sebuah pengenalan baru tentang memahami orang lain, tapi sesuatu yang lebih adalah saya mengetahui ternyata dunia saya juga dimiliki orang lain.

Waktu yang lain, adalah ketika saya merasa sakit oleh sesuatu yang dilakukan orang lain. Ketika itu terjadi disatu sisi saya merasa sangat sakit, tapi ketika luka dan kesakitan itu telah mengering saya menemukan bahwa saya mampu menjadi lebih dewasa. Saya menjadi lebih bijak dalam menyikapi sesuatu.

Jadi, yang ada dan saya sadari adalah bahwa segala sesuatu memiliki hikmah. Dan waktu yang menyakitkan mungkin justru merupakan waktu kita yang paling berharga.

No comments: