Tuesday, November 07, 2006

ARTI SEBUAH NAMA

Jika seseorang punya banyak nama panggilan mungkin akan ada yang menanyakan ‘siapa sih namanya yang benar?’ dan jawaban yang lazim terdengar adalah kalimat, ‘ah, apalah arti sebuah nama.’ Kalimat ini tentu sering aku (anda juga?) dengar.

Sebenarnya di kehidupan sebenarnya, sebuah nama sangat berarti. Dari berbagai segi hal itu masih sangat berarti. Dari segi agama, misalnya, ada anjuran untuk menamai seorang anak dengan nama yang baik. Artinya nama memiliki arti bagi anak (orang) tersebut. Jika tidak, untuk apa memberi nama yang baik?

Ada juga yang mengatakan bahwa nama adalah do’a bagi yang empunya. Katakanlah jika sang anak diberi nama ‘setan’, maka dia terus menerus dipanggil setan dan dido’akan menjadi (pengikut) setan.

Contoh yang lain, seorang teman saya bercerita mengenalkan diri dengan nama berbeda dengan ketika dia masih kuliah, karena teman-teman kampusnya memiliki panggilan khusus untuknya. Ceritanya, ketika dia digoda (dengan dipanggil) menggunakan nama yang dia perkenalkan, dia, teman saya itu tak berani menghadapi orang yang menggodanya. Dia berkata, jika aku masih dipanggil pakai nama ‘moon’ (julukannya ketika kuliah), aku berani mendatangi orang itu.

Dari cerita itu kupikir nama juga membawa efek psikologis pada yang empunya. Jadi masih benarkah kalimat ‘apa arti sebuah nama’? karena jika menurut saya mestinya kalimat itu diganti dengan, “sebuah nama sangatlah berarti bagi yang memilikinya.”

No comments: